Pemerintahan

~~ PENGUMUMAN ~~

BAGI SKPD YANG BELUM MELENGKAPI PROFILE DI WEBSITE DIMOHON UNTUK SEGERA MELENGKAPINYA.
UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI ADMINISTRATOR WEBSITE DI DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (BIDANG KOMINFO). 

Error
  • JUser: :_load: Unable to load user with ID: 51

18 Sep 2013

Bupati Resmikan Rumah Pintar Binangkit

Written by  font size decrease font size decrease font size increase font size increase font size Print

 

SAGULING - Ribuan warga dari berbagai desa di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), tumpah ruah di Kampung Kersen, Desa Saguling untuk menghadiri peresmian Rumah Pintar Bunda Binangkit oleh Bupati Bandung Barat, Abubakar, Rabu (18/9).

Sejak pagi warga terus berdatangan dari berbagai desa seperti Desa Jati, Bojonghaleuang, Girimukti, Cikande, Cipangeran dan dari Desa Saguling sendiri. Areal di sekitar lokasi pun dipenuhi oleh ratusan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Rumah Pintar Bunda Binangkit merupakan sebuah tempat serbaguna yang diperuntukkan bagi warga sekitar. Tempat tersebut juga berfungsi sebagai perpustakaan warga, tempat sekolah, pengajian, kegiatan pelatihan, kegiatan perekonomian, kegiatan kemasyarakatan, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Menurut Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan (PP), Badan Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) KBB, Nur Djulaeha, rumah pintar tersebut merupakan salah satu bagian Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

"Meski baru berdiri, keberadaan rumah pintar ini manfaatnya begitu dirasakan oleh masyarakat Saguling. Masyarakat kini sudah menerapkan pola hidup sehat, kegiatan perekonomian warga juga lebih berkembang," jelas Nur saat ditemui di sela-sela peresmian Rumah Pintar Bunda Binangkit, di Saguling, Rabu (18/9).

Untuk mengubah pola hidup serta perilaku masyarakat Saguling, tim P2WKSS sengaja mendatangkan para ahli di bidangnya masing-masing seperti ahli kesehatan, enterpreneur serta para pendidik serta motivator secara rutin dan berkesinambungan.

Hasilnya pun mulai dapat dilihat saat ini. Sesuai nama rumah pintar yakni Bunda Binangkit, perubahan atau kebangkitan di Saguling tampaknya memang dimulai dari para ibu. Mengapa para ibu? Sebab, mereka memiliki peranan sangat penting dalam menyebarkan "virus perubahan" untuk mengubah pola hidup anggota keluarganya masing-masing.

"Alhamdulillah setelah belajar di rumah pintar, saya banyak dapat ilmu dan pengetahuan baru. Yang tadinya tidak tahu, menjadi tahu. Semua itu sudah mulai diterapkan di keluarga," ujar salah seorang warga binaan P2WKSS, Siti Aminah (36).

Di samping menyebarluaskan pengetahuan yang didapatnya selama mengikuti pembinaan, Siti Aminah dan kaum ibu lainnya juga dapat berperan lebih dalam struktur keluarganya. Jika dulu posisinya hanya sebagai ibu rumah tangga, kini Aminah dan kaum ibu lainnya juga ikut berperan dalam membantu perekonomian keluarganya.

"Saya juga mendapatkan pelatihan wirausaha (di rumah pintar,Red) sekaligus mendapat bantuan modal. Sekarang, saya pun bisa membantu suami karena bisa berjualan," tambahnya semringah.

Bupati Bandung Barat, Abubakar bahkan mengungkapkan dirinya sangat senang melihat perubahan besar di Saguling yang dipelopori oleh kaum ibu tersebut. Orang nomor satu di KBB itu pun menyatakan kekagumannya melihat antusiasme masyarakat Saguling dalam mengikuti program P2WKSS tersebut.

Ia juga mengharapkan keberadaan rumah pintar yang lahannya merupakan hibah dari seorang warga setempat bernama Yaya Jayuswaya (72) itu dapat benar-benar dimanfaatkan warga Saguling untuk memberdayakan masyarakat sesuai tujuan program yakni tercapainya keluarga sehat dan sejahtera.

"Ini sangat menarik. Meski berada di daerah terpencil, antusiasme masyarakat di sini sangat luar biasa. Saya melihat mereka sangat ingin maju. Meski berada di daerah paling pinggir, kalau soal kemajuan tidak boleh jadi yang terpinggir," ujar Abubakar.

Read 812 times
Published in berita
Rate this item
(0 votes)

Website BIMbadge

Website Pemerintahbadge







Media Informasibadge





Jejaring Sosial KBB