Pemerintahan

~~ PENGUMUMAN ~~

BAGI SKPD YANG BELUM MELENGKAPI PROFILE DI WEBSITE DIMOHON UNTUK SEGERA MELENGKAPINYA.
UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI ADMINISTRATOR WEBSITE DI DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (BIDANG KOMINFO). 



Setwan

Sekretariat DPRD Kab. Bandung Barat

Peraturan Bupati Bandung Barat No.39 Tahun 20009 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Rincian Tugas Sekretariat DPRD Kabupaten Bandung Barat

BAB I

Pasal 1 ayat 6

Sekretaris adalah Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bandung Barat.

 

BAB II

Tugas Pokok, Fungsi dan Rincian Tugas

Bagian Kedua

Sekretariat DPRD

Pasal 2

 

1.Sekretariat DPRD mempunyai tugas pokok memimpin, membina dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Sekretariat DPRD dalam pemberian pelayanan administratif kepada pimpinan dan anggota DPRD;

2.Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud ayat 1, Sekretaris DPRD mempunyai fungsi :

a.Penyelenggaraan administrasi kesekretariatan DPRD;

b.Penyelenggaraan administrasi keuangan DPRD;

c.Penyelenggaraan rapat-rapat DPRD; dan

d.Penyediaan dan pengkoordinasian tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD.

 

SEKRETARIS DPRD KAB. BANDUNG BARAT

1.NAMA: DRS. ASEP WAHYU, S.IP,MM

NIP: 19650619 198610 1 005

PANGKAT/GOLONGAN: PEMBINA/IV/a

JABATAN: SEKRETARIS

URAIAN TUGAS

Menyelenggarakan :

1.Perumusan dan penetapan kebijakan teknis sekretariat sesuai dengan kebijakan umum Pemerintah Kabupaten Bandung Barat;

2.Perencanaan dan penyusunan program di bidang umum, persidangan, hukum dan perundang-undangan serta keuangan;

3.Pengendalian dan pengkoordinasian pelaksanaan kebijakan teknis dan program kerja  di bidang umum, persidangan, hukum dan perundang-undangan dan keuangan serta kelompok jabatan fungsional;

4.Pembinaan administrasi dan teknis di bidang umum, persidangan, hukum dan perundang-undangan serta keuangan;

5.Fasilitasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan program di bidang umum, persidangan, hukum dan perundang-undangan dan keuangan serta kelompok jabatan fungsional;

6.Perumusan badan pertimbangan dan rekomendasi kepada Bupati sebagai bahan penetapan kebijakan umum penyelenggaraan tugas Sekretariat DPRD;

7.Kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta dan lembaga terkait lainnya untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan sekretariat;

8.Koordinasi perumusan rencana strategis, pelaksanaan tugas-tugas teknis dan pelaporan LAKIP, LPPD, LKPJ Sekretariat;

9.Pembinaan administrasi dan teknis;

10.Perumusan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

11.Monitoring, evaluasi pengendalian dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas di bidang umum, persidangan, hukum dan perundang-undangan dan keuangan serta kelompok jabatan fungsional; 

12.Tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.

 

STRUKTUR JABATAN BAGIAN UMUM

Dalam melaksanakan tugas pokok dimaksud ayat (1) Bagian Umum mempunyai fungsi :

A.Pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis, dibidang tata usaha dan kepegawaian, rumah  tangga dan perlengkapan serta  protokol dan humas 

B.Pengkajian bahan rencana program kerja dibidang tata usaha dan kepegawaian, rumah  tangga dan perlengkapan serta  protokol dan humas

C.Pengkajian bahan bimbingan teknis dibidang tata usaha dan kepegawaian, rumah  tangga dan perlengkapan serta  protokol dan humas  

D.Pengendalian administrasi  dibidang tata usaha dan kepegawaian, rumah  tangga dan perlengkapan serta  protokol dan humas

 

BAGIAN UMUM

2.NAMA: CECEP SUHENDAR, SH

NIP: 19610620 199212 1 001

PANGKAT/GOLONGAN: PEMBINA TK.I/IV/b

JABATAN: KEPALA BAGIAN  UMUM

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Pengkajian perumusan kebijakan teknis Bagian Umum;

2.Pengkajian bahan rencana program kerja Bidang Umum;

3.Pengkajian bahan koordinasi;

4.Pengkajian bahan pembinaan;

5.Pengendalian administrasi dan teknis pelaksanaan rencana program kerja;

6.Pengkajian bahan kerjasama;

7.Penyusunan telaah staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

8.Koordinasi dengan unit kerja terkait;

9.Penyusunan dan analisis data bahan fasilitas.

Subbagian Tata Usaha dan Kepegawaian mempunyai  tugas pokok :

Melaksanakan penyusunan dan analisis data  bahan   perumusan  kebijakan dan rencana program kerja serta pelaksanaan urusan tugas operasional teknis danadministratif  di bidang tata  usaha   dan kepegawaian.

Dalam melaksanakan tugas pokok dimaksud ayat (1) Subbagian Tata Usaha dan Kepegawaian mempunyai fungsi :

A.Penyusunan dan analisis data  bahan   perumusan  kebijakan dan rencana program kerja di bidang tata usaha dan kepegawaian; 

B.Pelaksanaan urusan tugas operasional teknis danadministratif  di bidang tata  usaha   dan kepegawaian.

 

3.NAMA: M. AGUSTIAN, S.Sos

NIP: 19630815 199003 1 002

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA TK.I/III/d

JABATAN: KEPALA SUBBAGIAN TU DAN KEPEGAWAIAN

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Penyusunan rencana program kerja;

2.Penyusunan dan analisis data bahan koordinasi;

3.Penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis;

4.Penyusunan dan pengolahan data kepegawaian;

5.Penyusunan dan analisis data bahan peningkatan kesejahteraan pegawai dan jabatan di lingkungan Sekretariat DPRD;

6.Penyusunan dan analisis data bahan pembinaan disiplin pegawai;

7.Penyusunan bahan fasilitasi penilaian angka kredit jabatan fungsional;

8.Penyusunan dan analisis data bahan pengembangan karier dan mutasi serta pemberhentian pegawai;

9.Penyusunan dan analisis data bahan pembinaan kepada unit kerja  di lingkungan Sekretariat DPRD;

10.Penerimaan, pendistribusian dan pengiriman surat-surat/naskah dinas dan arsip;

11.Penyusunan dan pengendalian administrasi perjalanan dinas pegawai;

12.Penyusunan bahan pembinaan jabatan fungsional;

13.Penyusunan telaahan  staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

14.Koordinasi dengan unit kerja terkait;

15.Penyusunan dan analisis data bahan kerjasama;

16.Tugas operasional teknis dan administratif pelaksanaan kebijakan teknis.

 

4.NAMA: MUSTOFA HIDAYAT, S.IP

NIP: 19580912 198603 1 021

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA/III/c

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

Penelitian kelengkapan persyaratan  dan menyampaikan usulan yaitu : 

1.Pengajuan Kenaikan Pangkat Pegawai;

2.Kenaikan Gaji Berkala ( KGB );

3.Pembuatan Tabungan Pensiun (TASPEN);

4.Pembuatan KARPEG;

5.Pembuatan KARIS, KARSU;

6.Pembuatan Kartu Asuransi Kesehatan (ASKES);

7.Cuti Pegawai;

8.Pensiun PNS / Meninggal Dunia;

9.Mutasi Pegawai;

10.Penyelesaian Kasus Perceraian Pegawai Negeri;

11.Pemeriksaaan Pembinaan Pegawai Indisipliner;

12.Hukuman Disiplin;

13.Ijin Sekolah/Kuliah;

 

5.NAMA: NONO SUTISNA

NIP: 19580602 198012 1 004

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA MUDA Tk.I / III /b

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

Mengelola dan pengarsipan data kepegawaian yaitu

1.Pengajuan Kenaikan Pangkat Pegawai;

2.Kenaikan Gaji Berkala ( KGB );

3.Pembuatan Tabungan Pensiun (TASPEN);

4.Pembuatan KARPEG;

5.Pembuatan KARIS, KARSU;

6.Pembuatan Kartu Asuransi Kesehatan (ASKES);

7.Cuti Pegawai;

8.Pensiun PNS/Meninggal Dunia;

9.Mutasi Pegawai;

10.Penyelesaian Kasus Perceraian Pegawai Negeri;

11.Pemeriksaaan Pembinaan Pegawai Indisipliner;

12.Hukuman Disiplin;

13.Ijin Sekolah/Kuliah.

 

6.NAMA: MUHAMMAD SUBARNA, SH

NIP: 19590827 199203 1 003

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA TK.I/III/d

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

A.Koordinator Satpam 

1.Pengawasan keamanan di lingkungan DPRD;

2.Membuat usulan kebutuhan keamanan;

3.Membuat laporan per minggu.

B.Mengelola dan pengarsipan data kepegawaian yaitu

1.Pengajuan Kenaikan Pangkat Pegawai;

2.Kenaikan Gaji Berkala ( KGB );

3.Pembuatan Tabungan Pensiun (TASPEN);

4.Pembuatan KARPEG;

5.Pembuatan KARIS, KARSU;

6.Pembuatan Kartu Asuransi Kesehatan (ASKES);

7.Cuti Pegawai;

8.Pensiun PNS/Meninggal Dunia;

9.Mutasi Pegawai;

10.Penyelesaian Kasus Perceraian Pegawai Negeri;

11.Pemeriksaaan Pembinaan Pegawai Indisipliner;

12.Hukuman Disiplin;

13.Ijin Sekolah/Kuliah.

 

7.NAMA: LUDDY DHIHARNA

NIP: 19730908 200604 1 005

PANGKAT/GOLONGAN: PENGATUR MUDA Tk.I/II/b

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan

1.Tugas sebagai sekretaris pimpinan;

2.Penyusunan jadwal kegiatan pimpinan;

3.Penerimaan surat masuk;

4.Membantu kelancaran administrasi pimpinan jika pimpinan berhalangan hadir.

 

8.NAMA: ADE SANTANA,S.Sos

NIP: 010 234 306

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA TK.I/III/d

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menerima dan mencatat nomor, tanggal dan perihal naskah yang diterima atau keluar;

2.Naskah diterima lalu diberi formulir disposisi dan tanggal dari atasan;

3.Menggandakan naskah sesuai disposisi atasan dan distribusikan;

4.Menyimpan naskah.

 

9.NAMA: IDA ROSITA

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menerima dan mencatat nomor, tanggal dan perihal naskah yang diterima atau keluar;

2.Naskah diterima lalu diberi formulir disposisi dan tanggal dari atasan;

3.Menggandakan naskah sesuai disposisi atasan dan distribusikan;

4.Mencatat dan memberi nomor naskah perjalanan dinas sesuai nomor urut;

5.Menyimpan naskah;

 

10.NAMA: WISNU SANJAYA

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menerima dan mencatat nomor, tanggal dan perihal naskah yang diterima;

2.Naskah diterima lalu diberi formulir disposisi dan tanggal dari atasan;

3.Menggandakan naskah sesuai disposisi atasan dan distribusikan;

4.Pembuatan SPJ perjalanan dinas;

5.Menyimpan naskah;

6.Pengiriman naskah dinas pada instansi lainnya.

 

11.NAMA: TOTO

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan

1.Tugas sebagai pendamping pimpinan (Ketua DPRD);

2.Penyampaian informasi kegiatan pada pimpinan;

3.Penyusunan jadwal kegiatan pimpinan.

 

12.NAMA: ABDULLAH ALI HAMIDI

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Tugas sebagai pendamping pimpinan (Wakil Ketua DPRD);

2.Penyampaian informasi kegiatan pada pimpinan;

3.Penyusunan jadwal kegiatan pimpinan.

 

13.NAMA: KEMAL JAMALUDIN

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Mengoperasikan komputer dan program komputer serta peralatan pendukung lainnya sesuai prosedur pengoperasiannya.

2.Menerima  dan mengolah data yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas Subbagian Tata Usaha dan Kepegawaian :

Pembuatan Surat Keterangan untuk Mendapatkan Tunjangan Keluarga (SKUM);

Pembuatan DP3;

Pembuatan Daftar Urut Kepangkatan (DUK);

3.Memeriksa kerapihan, kelengkapan dan kualitas pengolahan data;

4.Menyimpan dan mengamankan file data dalam hardisk dan atau disket/CD dengan pemberian nama/kode file yang disusun secara tertib berdasarkan judul materi data yang diolah dan jenis program yang digunakan.

 

14.NAMA: DIDIN SAEPUDIN

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: KEAMANAN

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menjaga keamanan  dan ketertiban dalam dan luar kantor;

2.Koordinasi dengan pihak keamanan luar;

3.Penertiban kendaraan roda dua dan empat;

4.Pengawasan  dalam dan luar kantor setiap 30 menit;

5.Pelaporan pada setiap akhir tugas/piket pada buku laporan;

6.Setiap menjelang akhir liburan/hari besar agar menutup pintu masuk jika dianggap rawan pencurian.

 

15.NAMA: SUPARMAN

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: KEAMANAN

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menjaga keamanan  dan ketertiban dalam dan luar kantor;

2.Koordinasi dengan pihak keamanan luar; 

3.Penertiban kendaraan roda dua dan empat;

4.Pengawasan  dalam dan luar kantor setiap 30 menit;

5.Pelaporan pada setiap akhir tugas/piket pada buku laporan

6.Setiap menjelang akhir liburan/hari besar agar menutup pintu masuk jika dianggap rawan pencurian.

 

16.NAMA: JAJANG DARMAWAN

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: KEAMANAN

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menjaga keamanan  dan ketertiban dalam dan luar kantor;

2.Koordinasi dengan pihak keamanan luar; 

3.Penertiban kendaraan roda dua dan empat;

4.Pengawasan  dalam dan luar kantor setiap 30 menit;

5.Pelaporan pada setiap akhir tugas/piket pada buku laporan;

6.Setiap menjelang akhir liburan/hari besar agar menutup pintu masuk jika dianggap rawan pencurian.

 

17.NAMA: JAJANG ROHMAT

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: KEAMANAN

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menjaga keamanan  dan ketertiban dalam dan luar kantor;

2.Koordinasi dengan pihak keamanan luar; 

3.Penertiban kendaraan roda dua dan empat;

4.Pengawasan  dalam dan luar kantor setiap 30 menit;

5.Pelaporan pada setiap akhir tugas/piket pada buku laporan

6.Setiap menjelang akhir liburan/hari besar agar menutup pintu masuk jika dianggap rawan pencurian.

 

18.NAMA: ROMLI SUHERLI

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: KEAMANAN

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menjaga keamanan  dan ketertiban dalam dan luar kantor;

2.Koordinasi dengan pihak keamanan luar; 

3.Penertiban kendaraan roda dua dan empat;

4.Pengawasan  dalam dan luar kantor setiap 30 menit;

5.Pelaporan pada setiap akhir tugas/piket pada buku laporan;

6.Setiap menjelang akhir liburan/hari besar agar menutup pintu masuk jika dianggap rawan pencurian.

 

Subbagian Rumah Tangga dan Perlengkapan  mempunyai tugas pokok:

Melaksanakan penyusunan dan analisis data  bahan perumusan kebijakan dan rencana kerja  serta pelaksanaan urusan tugas operasional teknis dan administratif di bidang rumah tangga dan perlengkapan

Dalam melaksanakan tugas pokok dimaksud  ayat (1) Subbagian Rumah Tangga dan Perlengkapan  mempunyai  fungsi :

A.Penyusunan dan analisis data  bahan perumusan kebijakan dan rencana kerja di   bidang rumah tangga dan perlengkapan; dan

B.Pelaksanaan urusan tugas operasional       teknis dan administratif di bidang rumah tangga dan perlengkapan

 

19.NAMA: DUDIH HERYANA, SH

NIP: 19700313 200312 1 005

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA/III/c

JABATAN: KEPALA SUBBAGIAN RUMAH TANGGA DAN   

PERLENGKAPAN

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Penyusunan rencana program kerja;

2.Penyusunan dan analisis data bahan koordinasi;

3.Penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis;

4.Penyusunan rencana kebutuhan dan urusan rumah tangga DPRD dan Sekretariat DPRD;

5.Menyiapkan dan mengurus keperluan rumah tangga DPRD dan Sekretariat DPRD;

6.Penatausahaan dan inventarisasi barang dalam lingkup kantor dan Sekretariat DPRD;

7.Penyusunan rencana kebutuhan sarana dan prasarana, pengurusan rumah tangga, pemeliharaan/perawatan dan perbaikan lingkungan kantor, kendaraan dan aset lainnya serta ketertiban, keindahan dan keamanan kantor;

8.Pemeliharaan dan perawatan barang inventaris pada kantor DPRD dan Rumah Jabatan Pimpinan DPRD;

9.Mengatur administrasi dan tertib penggunaan kendaraan dinas DPRD dan Sekretariat DPRD;

10.Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran/pertimbangan kepada pimpinan untuk penentuan kebijakan;

11.Layanan akomodasi dan jamuan;

12.Layanan urusan pengadaan dan pencetakan;

13.Penyusunan dan analisis data bahan kerjasama;

14.Penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan teknis;

15.Penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi;

16.Ketatausahaan;

17.Monitoring, evaluasi  dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas;

18.Tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

20.NAMA: YEPI SETIAWAN, S.Sos

NIP: 19960227 199903 1 001

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA MUDA TK.I/III/b

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

A.Koordinator Kebersihan;

1.Pengawasan kebersihan di lingkungan DPRD;

2.Membuat kebutuhan sarana dan prasarana;

3.Membuat laporan kinerja petugas kebersihan;

B.Koordinator Pemeliharaan dan Perawatan Sarana dan Prasarana antara lain :

1.Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang berkaitan dengan administrasi perlengkapan kantor pada Subbagian Rumah Tangga dan Perlengkapan;

2.Membuat daftar rencana kebutuhan barang dilingkungan dinas, melaksanakan pemeliharaan prasarana pada setiap akhir tahun berdasarkan tahun sebelumnya dengan mempertimbangkan usulan-usulan dari unit kerja terkait;

3.Menyusun rencana kebutuhan barang unit dan rencana tahunan barang unit bersama-sama dengan bendahara barang;

4.Mencatat hasil pembelian barang;

5.Membuat perencanaan perbaikan/pemeliharaan sarana dan prasarana kantor;

6.Membuat laporan pemeliharaan barang inventaris.

 

21.NAMA: ACHMAD SHAHAL, S.IP

NIP: 19790417 200901 1 011

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA MUDA/III/a

JABATAN: BENDAHARA BARANG

URAIAN TUGAS

Melaksanakan

1.analisis nilai dan manfaat aset dinas;

2.Mencatat, membukukan, dan mengakuntansikan aset dinas;

3.Menyiapkan laporan tentang aset dinas;

4.Menata arsip/dokumen yang berkait dengan aset dinas;

5.Menghimpun daftar rekanan sebagai mitra kerja;

6.Mendokumentasikan dan menyimpan surat/dokumen yang berkaitan pengadaan perlengkapan kantor.

 

22.NAMA: FARIDA WIDANINGSIH, A.Md

NIP: 19810518 200901 2 001

PANGKAT/GOLONGAN: PENGATUR/II/c

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Mempelajari dan memahami petunjuk pedoman kerja;

2.Mengajukan/meneliti Nota Dinas dari setiap Sub Bagian;

3.Menandatangani kuitansi;

4.Mencairkan cek yang diserahkan dari Bendahara Pengeluaran untuk kegiatan Sub Bagian;

5.Membuat laporan realisasi keuangan sesuai dengan Sub Bagian masing-masing;

6.koordinasi dengan instansi terkait;

7.membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;

8.tugas kedinasan lainnya sesuai dengan arahan atasan.

 

23.NAMA:ADISTI  RUSLANI, SP

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang berkaitan dengan administrasi perlengkapan kantor pada Subbagian Rumah Tangga dan Perlengkapan

2.Membuat daftar rencana kebutuhan barang dilingkungan dinas, melaksanakan pemeliharaan prasarana pada setiap akhir tahun berdasarkan tahun sebelumnya dengan mempertimbangkan usulan-usulan dari unit kerja terkait

3.Menyusun rencana kebutuhan barang unit dan rencana tahunan barang unit bersama-sama dengan bendahara barang.

4.Melaporkan hasil  pelaksanaan tugas kepada atasan

5.Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan arahan atasan.

 

24.NAMA:NANDANG SUPRIATNA

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menyusun bukti pengeluaran/realisasi keuangan sesuai dengan DPA

2.Membuat SPJ

3.Koordinasi dengan instansi terkait

4.Hasil pelaksanaan tugas kepada atasan

 

25.NAMA:WIDIE HERMAWAN

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menghimpun daftar rekanan sebagai mitra kerja

2.Mendokumentasikan dan menyimpan surat/dokumen yang berkaitan pengadaan perlengkapan kantor

3.Kodefikasi barang inventarisasi

4.Membuat Daftar Inventaris Ruang

 

26.NAMA: SAEP SOPANDI

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PENGEMUDI KETUA DPRD

URAIAN TUGAS 

Melaksanakan :

1.Menyiapkan kendaraan dan kelengkapan;

2.Mengemudi kendaraan sesuai dengan perintah atasan;

3.Merawat kendaraan sesuai dengan ketentuan;

4.Koordinasi dengan atasan pada Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan.

 

27.NAMA: IWAN RIDWAN

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menyiapkan kendaraan dan kelengkapan;

2.Mengemudi kendaraan (Wakil Ketua II DPRD) sesuai dengan perintah atasan;

3.Merawat kendaraan sesuai dengan ketentuan;

4.Koordinasi dengan atasan pada Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan.

 

28.NAMA: SUYANTO

NIP:

PANGKAT/GOLONGAN:

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menyiapkan kendaraan dan kelengkapan;

2.Mengemudi kendaraan (Wakil Ketua I DPRD) sesuai dengan perintah atasan;

3.Merawat kendaraan sesuai dengan ketentuan;

4.Koordinasi dengan atasan pada Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan.

 

29.NAMA: SUNANDAR

NIP:

PANGKAT/GOLONGAN:

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menyiapkan kendaraan dan kelengkapan;

2.Mengemudi kendaraan (Sekretaris DPRD) sesuai dengan perintah atasan;

3.Merawat kendaraan sesuai dengan ketentuan;

4.Koordinasi dengan atasan pada Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan.

 

30.NAMA: USEP 

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menjaga kebersihan Gedung A lantai 1 koridor terutama lantai, dan jendela        agar terbebas dari sampah dan debu;

2.Menjaga Kebersihan Gedung A lantai 2 koridor depan Komisi A-D terutama lantai dan jendela agar terbebas dari sampah dan debu;

3.Menutup toilet, jika menjelang akhir liburan/hari besar terutama di sekitar area lingkungan DPRD.

 

31.NAMA: SUPRIADI

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menjaga kebersihan ruangan Sekretaris DPRD terutama lantai, ventilasi dan jendela agar terbebas dari sampah dan debu serta kebersihan toilet;

2.Menyiapkan minuman pimpinan.

 

32.NAMA: ASEP KURNIAWAN

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menjaga kebersihan ruangan Bagian Umum terutama lantai, ventilasi dan jendela agar terbebas dari sampah dan debu serta kebersihan toilet;

2.Menyiapkan minuman pimpinan dan staf.

 

33.NAMA: MAMAT ROHMAT

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menjaga kebersihan ruangan Bagian Hukum terutama lantai, ventilasi dan jendela agar terbebas dari sampah dan debu serta kebersihan toilet;

2.Menyiapkan minuman pimpinan dan staf.

 

34.NAMA: RAHMAT SALAMET

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menjaga kebersihan ruangan Bagian Persidangan terutama lantai, ventilasi dan jendela agar terbebas dari sampah dan debu serta kebersihan toilet;

2.Menyiapkan minuman pimpinan dan staf.

 

35.NAMA: ILHAM MULYA PURNAMA

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menjaga kebersihan ruangan Bagian Keuangan terutama lantai, ventilasi dan jendela agar terbebas dari sampah dan debu serta kebersihan toilet;

2.Menyiapkan minuman pimpinan dan staf.

 

36.NAMA: SYARIF HIDAYAT

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

1.Menjaga kebersihan ruangan Ketua DPRD terutama lantai, ventilasi dan jendela agar terbebas dari sampah dan debu serta kebersihan toilet;

2.Menyiapkan minuman pimpinan.

 

37.NAMA: ENDANG HASANUDIN

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

1.Menjaga kebersihan ruangan Wakil Ketua I terutama lantai, ventilasi dan jendela agar terbebas dari sampah dan debu serta kebersihan toilet;

2.Menjaga kebersihan seluruh taman dilingkungan Sekretariat DPRD.

 

38.NAMA: HENDRY BOY YULIANTO

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

1.Menjaga kebersihan ruangan Wakil Ketua II terutama lantai, ventilasi dan jendela agar terbebas dari sampah dan debu serta kebersihan toilet;

2.Menyiapkan minuman pimpinan.

 

 

39.NAMA: JENDI

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

1.Menjaga kebersihan ruangan Wakil Ketua III terutama lantai, ventilasi dan jendela agar terbebas dari sampah dan debu serta kebersihan toilet;

2.Menyiapkan minuman pimpinan.

 

40.NAMA: CECEP SYAEFUL MADJID

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

1.Menjaga kebersihan Gedung B Koridor terutama lantai, ventilasi dan jendela agar terbebas dari sampah dan debu serta kebersihan toilet;

2.Menjaga kebersihan seluruh taman dilingkungan Sekretariat DPRD.

 

41.NAMA: AJI YULTON GUMELAR

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menjaga kebersihan Gedung B lantai 1 koridor dan tangga agar terbebas dari sampah dan debu;

2.Menjaga Kebersihan Gedung B lantai 2 Banggar dan Bamus, serta koridornya terutama lantai dan jendela agar terbebas dari sampah dan debu.

3.Menutup toilet, jika menjelang akhir liburan/hari besar terutama di sekitar area lingkungan DPRD.

 

Humas dan Protokol mempunyai  tugas pokok:

Melaksanakan  penyusunan dan analisis data bahan   perumusan kebijakan  dan rencana program kerja  serta pelaksanaan urusan tugas operasional teknis dan administratif di bidang protokol dan hubungan masyarakat 

Dalam melaksanakan tugas pokok dimaksud ayat (1) Subbagian Humas dan Protokol mempunyai  fungsi  :

A.Penyusunan dan analisis data bahan   perumusan kebijakan  dan rencana  program kerja di bidang protokol dan hubungan masyarakat; dan 

B.Pelaksanaan urusan tugas operasional teknis dan administratif di bidang protokol dan hubungan masyarakat.

 

42.NAMA: IIN RUHIAT, SH

NIP: 19590328 198802 1 001

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA/III/c

JABATAN: KEPALA SUBBAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Penyusunan rencana program kerja;

2.Penyusunan dan analisis data bahan koordinasi;

3.Penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis;

4.Kegiatan lingkup protokol dan hubungan masyarakat yang meliputi fasilitasi penyusunan dan pengaturan jadwal pimpinan dan anggota DPRD, pemberian pelayanan dan fasilitasi aspirasi masyarakat yang ditujukan kepada DPRD dan fasilitasi hubungan kerjasama dengan instansi pemerintah;

5.Pemantauan tindak lanjut aspirasi masyarakat;

6.Liputan kegiatan DPRD;

7.Penyusunan bahan dan publikasi meliputi TOR, press release, jurnal dan pemberitaan media cetak;

8.Penyusunan kliping dan analisa berita;

9.Penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

10.Koordinasi dengan unit kerja terkait;

11.Tugas operasional teknis dan administratif pelaksanaan kebijakan teknis;

12.Penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi;

13.Ketatausahaan;

14.Monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas

15.Tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

43.NAMA: PEPEN SUMPENA

NIP: 19760518 200801 1 005

PANGKAT/GOLONGAN: PENGATUR MUDA/II/a

JABATAN:

URAIAN TUGAS

Melaksanakan:

1.Kegiatan lingkup Protokol dan Hubungan Masyarakat yang meliputi fasilitasi penyusunan dan pengaturan jadwal pimpinan dan anggota DPRD, pemberian pelayanan dan fasilitasi aspirasi masyarakat yang ditujukan kepada DPRD dan fasilitasi hubungan kerjasama dengan instansi pemerintah;

2.Mencatat dan mengendalikan penggunaan aula dan ruang rapat;

3.Penanggungjawab fasilitas kegiatan rapat DPRD;

4.Fasilitasi kegiatan dan kunjungan DPRD;

5.Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;

6.Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan arahan atasan;

 

44.NAMA: ASEP SAEPULOH

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan:

1.Kegiatan lingkup Protokol dan Hubungan Masyarakat yang meliputi fasilitasi penyusunan dan pengaturan jadwal pimpinan dan anggota DPRD, pemberian pelayanan dan fasilitasi aspirasi masyarakat yang ditujukan kepada DPRD dan fasilitasi hubungan kerjasama dengan instansi pemerintah;

2.Koordinasi dengan unit kerja terkait;

3.Pemantauan tindaklanjut aspirasi masyarakat;

4.Penyusunan bahan dan publikasi meliputi TOR, Pers Release, jurnal dan pemberitaan media cetak;

5.Fasilitasi kegiatan dan kunjungan DPRD;

6.Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;

7.Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan arahan atasan.

 

45.NAMA: HAYAN MINANDAR

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan:

1.Kegiatan lingkup Protokol dan Hubungan Masyarakat yang meliputi fasilitasi penyusunan dan pengaturan jadwal pimpinan dan anggota DPRD, pemberian pelayanan dan fasilitasi aspirasi masyarakat yang ditujukan kepada DPRD dan fasilitasi hubungan kerjasama dengan instansi pemerintah;

2.Tugas operasional teknis dan administratif;

3.Penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi;

4.Ketatausahaan;

5.Fasilitasi kegiatan dan kunjungan DPRD;

6.Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;

7.Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan arahan atasan.

 

46.NAMA: YADI KURNIA

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan:

1.Kegiatan lingkup Protokol dan Hubungan Masyarakat yang meliputi fasilitasi penyusunan dan pengaturan jadwal pimpinan dan anggota DPRD, pemberian pelayanan dan fasilitasi aspirasi masyarakat yang ditujukan kepada DPRD dan fasilitasi hubungan kerjasama dengan instansi pemerintah;

2.Pemantauan tindaklanjut aspirasi masyarakat;

3.Liputan kegiatan DPRD;

4.Fasilitasi kegiatan dan kunjungan DPRD;

5.Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;

6.Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan arahan atasan.

 

47.NAMA: NUGI SOFYANA

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan:

1.Kegiatan lingkup Protokol dan Hubungan Masyarakat yang meliputi fasilitasi penyusunan dan pengaturan jadwal pimpinan dan anggota DPRD, pemberian pelayanan dan fasilitasi aspirasi masyarakat yang ditujukan kepada DPRD dan fasilitasi hubungan kerjasama dengan instansi pemerintah;

2.Penyusunan kliping dan analisa berita;

3.Mencatat dan mengendalikan penggunaan aula dan ruang rapat;

4.Mengkoordinasikan dan menyiapkan jamuan;

5.Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;

6.Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan arahan atasan.

 

STRUKTUR JABATAN BAGIAN PERSIDANGAN

Bagian Persidangan mempunyai tugas pokok :

Melaksanakan  pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis, rencana program kerja, bahan bimbingan teknis dan pengendalian admnistrasi teknis di bidang alat kelengkapan DPRD, rapat dan risalah

Dalam melaksanakan tugas pokok dimaksud ayat (1) Bagian Persidangan mempunyai fungsi :

A.Pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis di bidang alat kelengkapan DPRD, rapat dan risalah;

B.Pengkajian bahan rencana program kerja di bidang alat kelengkapan DPRD, rapat dan risalah;

C.Pengkajian bahan bimbingan teknis di bidang alat kelengkapan DPRD, rapat dan risalah; dan

D.Pengendalian admnistrasi dan teknis di bidang alat kelengkapan DPRD, rapat dan risalah di bidang alat kelengkapan DPRD, rapat dan risalah.

 

BAGIAN PERSIDANGAN

48.NAMA: Drs. ERLAN DARMAWAN, M.Si

NIP: 19670512 199601 1 002

PANGKAT/GOLONGAN: Pembina/IV/a

JABATAN: KABAG PERSIDANGAN

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Pengkajian perumusan kebijakan teknis;

2.Pengkajian bahan rencana program kerja;

3.Pengkajian bahan koordinasi;

4.Pengkajian bahan pembinaan;

5.Pengendalian administrasi dan teknis pelaksanaan rencana program kerja;

6.Pengkajian bahan kerjasama;

7.Penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

8.Pengendalian ketatausahaan;

9.Monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas;

10.Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

Subbagian Alat Kelengkapan DPRD mempunyai tugas pokok :  

Melaksanakan penyusunan dan analisa data bahan perumusan kebijakan dan rencana program kerja serta pelaksanaan urusan tugas operasional dan administratif di bidang alat kelengkapan DPRD.

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1)  Subbagian Alat Kelengkapan DPRD mempunyai  fungsi :  

A.Penyusunan dan analisa data perumusan kebijakan dan rencana program kerja subbagian alat kelengkapan DPRD

B.Pelaksanaan urusan tugas operasional dan administratif di bidang alat kelengkapan DPRD.

 

49.NAMA: Drs. DICKY MAULANA, MM

NIP: 19660709 199303 1 007

PANGKAT/GOLONGAN: PEMBINA/IV/a

JABATAN: KEPALA SUBBAGIAN ALAT KELENGKAPAN DPRD 

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Penyusunan rencana program kerja

2.Penyusunan dan analisis data bahan koordinasi 

3.Penyusunan dan analisa data bahan perumusan kebijakan teknis

4.Fasilitasi sarana dan layanan kegiatan

5.Penyusunan administrasi kegiatan

6.Penyusunan bahan kegiatan

7.Pengolahan data hasil kegiatan

8.Penyusunan dan analisis data bahan kerjasama

9.Penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan

10.Koordinasi dengan unit kerja terkait

11.Tugas operasional teknis dan administrasif pelaksanaan kebijakan teknis

12.Penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi

13.Ketatausahaan

14.Monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas

15.Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

50.NAMA: YOGA ALI IMBRAN, S.Sos, M.Si

NIP: 19790518 200801 1 003

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA MUDA TK.I/III/b

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (BAMUS)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan badan musyawarah

2.Menyusun kegiatan dan jadual acara rapat DPRD;

3.Mendampingi kunjungan kerja komisi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;

4.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

5.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD

 

51.NAMA: MIRA GARINI, S.Pd

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (KOMISI A)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan komisi;

2.Mengumpulkan data pembangunan regional Bandung Barat;

3.Mengumpulkan data geografi dan demografi regional Bandung Barat;

4.Mengumpulkan rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan Keputusan DPRD;

5.Menyusun konsep informasi data yang berkaitan dengan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD;

6.Mendampingi kunjungan kerja komisi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;

7.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

8.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD.

 

52.NAMA: DINDIN ZAENUDIN,S.Ip

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (KOMISI A)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan komisi

2.Mengumpulkan data pembangunan regional Bandung Barat 

3.Mengumpulkan data geografi dan demografi regional Bandung Barat

4.Mengumpulkan rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan Keputusan DPRD;

5.Menyusun konsep informasi data yang berkaitan dengan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD

6.Mendampingi kunjungan kerja komisi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;

7.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

8.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD.

 

53.NAMA: DADANG KOSWARA

NIP: 19681227 199601 1 001

PANGKAT/GOLONGAN: PENGATUR TK.I/II/d

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (KOMISI A)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan komisi;

2.Mengumpulkan data pembangunan regional Bandung Barat;

3.Mengumpulkan data geografi dan demografi regional Bandung Barat;

4.Mengumpulkan rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan Keputusan DPRD;

5.Menyusun konsep informasi data yang berkaitan dengan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD;

6.Mendampingi kunjungan kerja komisi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;

7.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

8.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD.

 

54.NAMA: YOGA ALI IMBRAN, S.Sos, M.Si

NIP: 19790518 200801 1 001

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA MUDA TK.I/III/b

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (KOMISI B)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan komisi;

2.Mengumpulkan data pembangunan regional Bandung Barat;

3.Mengumpulkan data geografi dan demografi regional Bandung Barat;

4.Mengumpulkan rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan Keputusan DPRD;

5.Menyusun konsep informasi data yang berkaitan dengan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD;

6.Mendampingi kunjungan kerja komisi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;

7.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

8.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD.

 

55.NAMA:YANTI NURYANTI, A.Md

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (KOMISI B)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan komisi;

2.Mengumpulkan data pembangunan regional Bandung Barat;

3.Mengumpulkan data geografi dan demografi regional Bandung Barat;

4.Mengumpulkan rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan Keputusan DPRD;

5.Menyusun konsep informasi data yang berkaitan dengan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD;

6.Mendampingi kunjungan kerja komisi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;;

7.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

8.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD.

 

56.NAMA: MULYADI

NIP: 19810912 200901 1 007

PANGKAT/GOLONGAN: PENGATUR  MUDA/II/a

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (KOMISI C)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan komisi;

2.Mengumpulkan data pembangunan regional Bandung Barat;

3.Mengumpulkan data geografi dan demografi regional Bandung Barat;

4.Mengumpulkan rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan Keputusan DPRD;

5.Menyusun konsep informasi data yang berkaitan dengan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD;

6.Mendampingi kunjungan kerja komisi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;

7.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

8.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD.

 

57.NAMA: SANDY FARDIAN, ST

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (KOMISI C)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan komisi;

2.Mengumpulkan data pembangunan regional Bandung Barat;

3.Mengumpulkan data geografi dan demografi regional Bandung Barat;

4.Mengumpulkan rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan Keputusan DPRD;

5.Menyusun konsep informasi data yang berkaitan dengan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD;

6.Mendampingi kunjungan kerja komisi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;

7.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

8.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD.

 

58.NAMA: BEKTI DEWI DYAHWATI

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (KOMISI C)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan komisi;

2.Mengumpulkan data pembangunan regional Bandung Barat;

3.Mengumpulkan data geografi dan demografi regional Bandung Barat;

4.Mengumpulkan rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan Keputusan DPRD;;

5.Menyusun konsep informasi data yang berkaitan dengan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD;

6.Mendampingi kunjungan kerja komisi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;;

7.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

8.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD.

 

59.NAMA: ADAS HIDAYAT

NIP: 19680716 201001 1 001

PANGKAT/GOLONGAN: PENGATUR MUDA/II/a

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (KOMISI D)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan komisi;

2.Mengumpulkan data pembangunan regional Bandung Barat;

3.Mengumpulkan data geografi dan demografi regional Bandung Barat;

4.Mengumpulkan rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan Keputusan DPRD;

5.Menyusun konsep informasi data yang berkaitan dengan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD;

6.Mendampingi kunjungan kerja komisi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;;

7.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

8.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD.

 

60.NAMA: CECEP KARIMULLAH

NIP: 010 205 481

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA MUDA/III/a

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (KOMISI D)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan komisi;

2.Mengumpulkan data pembangunan regional Bandung Barat;

3.Mengumpulkan data geografi dan demografi regional Bandung Barat;

4.Mengumpulkan rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan Keputusan DPRD;;

5.Menyusun konsep informasi data yang berkaitan dengan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD;

6.Mendampingi kunjungan kerja komisi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;;

7.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

8.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD.

 

61.NAMA: RIAN PRIWALIANA

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (KOMISI D)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan komisi;

2.Mengumpulkan data pembangunan regional Bandung Barat;

3.Mengumpulkan data geografi dan demografi regional Bandung Barat;

4.Mengumpulkan rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan Keputusan DPRD;;

5.Menyusun konsep informasi data yang berkaitan dengan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD;

6.Mendampingi kunjungan kerja komisi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;

7.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

8.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD.

 

62.NAMA: ENDANG SANTI SULASTRI, A.Md 

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (KOMISI D)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan komisi;

2.Mengumpulkan data pembangunan regional Bandung Barat;

3.Mengumpulkan data geografi dan demografi regional Bandung Barat;

4.Mengumpulkan rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan Keputusan DPRD;;

5.Menyusun konsep informasi data yang berkaitan dengan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD;

6.Mendampingi kunjungan kerja komisi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;

7.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

8.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD.

 

63.NAMA: DINDIN ZAENUDIN, S.IP

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA 

URAIAN TUGAS (BADAN KEHORMATAN)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan badan kehormatan;

2.Menyusun konsep kronologis kejadian yang berkaitan dengan kegiatan pada Subbagian Alat Kelengkapan DPRD;

3.Mendampingi kunjungan kerja badan kehormaan yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;;

4.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD.

 

64.NAMA: DICKY YUSWANDIRA

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (BADAN KEHORMATAN)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan badan kehormatan;

2.Menyusun konsep kronologis kejadian yang berkaitan dengan kegiatan pada Subbagian Alat Kelengkapan DPRD;

3.Mendampingi kunjungan kerja badan kehormaan yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;

4.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD.

 

65.NAMA: YOGA ALI IMBRAN, S.Sos, M.Si

NIP: 19790518 200801 1 003

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA MUDA TK.I/III/b

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (BADAN ANGGARAN)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan badan anggaran;

2.Mengumpulkan data pembangunan regional Bandung Barat 

3.Mengumpulkan data geografi dan demografi regional Bandung Barat;

4.Mengumpulkan data rekanan yang berada di Bandung Barat

5.Mengumpulkan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah;

6.Mendampingi kunjungan kerja badan anggaran yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;

7.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

8.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD.

 

66.NAMA: MULYADI

NIP: 19810912 200901 1 007

PANGKAT/GOLONGAN: PENGATUR MUDA/II/a

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (BADAN ANGGARAN)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan badan anggaran;

2.Mengumpulkan data pembangunan regional Bandung Barat;

3.Mengumpulkan data geografi dan demografi regional Bandung Barat;

4.Mengumpulkan data rekanan yang berada di Bandung Barat;

5.Mengumpulkan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah;

6.Mendampingi kunjungan kerja badan anggaran yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;

7.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

8.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD

 

67.NAMA: SANDI FARDIAN, ST

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (BADAN ANGGARAN)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan badan anggaran;

2.Mengumpulkan data pembangunan regional Bandung Barat;

3.Mengumpulkan data geografi dan demografi regional Bandung Barat;

4.Mengumpulkan data rekanan yang berada di Bandung Barat;

5.Mengumpulkan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah;

6.Mendampingi kunjungan kerja badan anggaran yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;

7.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

8.Menyusun konsep laporan kegiatan Subbagian Alat Kelengkapan DPRD

68.NAMA: DRS. HERI BUDI KERSANA

NIP: 010 215 297

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA TK.I/III/d

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (BADAN LEGISLASI)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan badan legislasi;

2.Menyiapkan bahan usul rancangan Peraturan Daerah Inisiatif, program prioritas yang telah ditetapkan dan usul inisiatif/prakarsa rancangan Peraturan Daerah yang disiapkan anggota komisi, atau gabungan komisi, apabila diminta dan selanjutnya disampaikan kepada pengusul untuk diproses lebih lanjut;

3.Menyusun inventarisasi masalah hukum dan perundangan keanggotaan DPRD sebagai bahan oleh Panitia Legislasi pada masa keanggotaan berikutnya;

4.Menyusun konsep naskah dalam koordianasi dan konsultasi dengan pihak Pemerintah Daerah atau pihak lain yang dianggap perlu mengenai hal yang menyangkut ruang lingkup tugasnya melaluiPimpinan DPRD serta memberikan rekomendasi kepada Badan Musyawarah dan/atau komisi yang terkait berdasarkan hasil pemantauan terhadap materi Perda;

5.Mendampingi kunjungan kerja badan legislasi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;

6.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

 

69.NAMA: RIAN PRIWALIANA

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (BADAN LEGISLASI)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan badan legislasi;

2.Menyiapkan bahan usul rancangan Peraturan Daerah Inisiatif, program prioritas yang telah ditetapkan dan usul inisiatif/prakarsa rancangan Peraturan Daerah yang disiapkan anggota komisi, atau gabungan komisi, apabila diminta dan selanjutnya disampaikan kepada pengusul untuk diproses lebih lanjut;

3.Menyusun inventarisasi masalah hukum dan perundangan keanggotaan DPRD sebagai bahan oleh Panitia Legislasi pada masa keanggotaan berikutnya;

4.Menyusun konsep naskah dalam koordianasi dan konsultasi dengan pihak Pemerintah Daerah atau pihak lain yang dianggap perlu mengenai hal yang menyangkut ruang lingkup tugasnya melaluiPimpinan DPRD serta memberikan rekomendasi kepada Badan Musyawarah dan/atau komisi yang terkait berdasarkan hasil pemantauan terhadap materi Perda;

5.Mendampingi kunjungan kerja badan legislasi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;

6.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

 

70.NAMA: BEKTI DEWI DYAHWATI

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS (BADAN LEGISLASI)

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan badan legislasi;

2.Menyiapkan bahan usul rancangan Peraturan Daerah Inisiatif, program prioritas yang telah ditetapkan dan usul inisiatif/prakarsa rancangan Peraturan Daerah yang disiapkan anggota komisi, atau gabungan komisi, apabila diminta dan selanjutnya disampaikan kepada pengusul untuk diproses lebih lanjut;

3.Menyusun inventarisasi masalah hukum dan perundangan keanggotaan DPRD sebagai bahan oleh Panitia Legislasi pada masa keanggotaan berikutnya;

4.Menyusun konsep naskah dalam koordianasi dan konsultasi dengan pihak Pemerintah Daerah atau pihak lain yang dianggap perlu mengenai hal yang menyangkut ruang lingkup tugasnya melaluiPimpinan DPRD serta memberikan rekomendasi kepada Badan Musyawarah dan/atau komisi yang terkait berdasarkan hasil pemantauan terhadap materi Perda;

5.Mendampingi kunjungan kerja badan legislasi yang bersangkutan atas persetujuan Pimpinan DPRD;

6.Notulen  rapat kerja dan dengar pendapat;

 

71.NAMA:IRAN SUHERLI

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN:PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menyiapkan kendaraan dan kelengkapan;

2.Mengemudi kendaraan (Komisi A) sesuai dengan perintah atasan;

3.Merawat kendaraan sesuai dengan ketentuan.

 

72.NAMA: DEDI JUNAEDI

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN:PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menyiapkan kendaraan dan kelengkapan;

2.Mengemudi kendaraan (Komisi B) sesuai dengan perintah atasan;

3.Merawat kendaraan sesuai dengan ketentuan.

 

Subbagian Rapat dan Risalah mempunyai  tugas pokok :  

Melaksanakan penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja  serta pelaksanaan  urusan tugas  operasional  dan administratif di bidang rapat dan risalah

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Subbagian  Rapat dan Risalah mempunyai  fungsi :  

A.Penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis dan rencana program kerja di bidang rapat dan risalah;

B.Pelaksanaan  urusan tugas  operasional  dan administratif di bidang rapat dan risalah.

 

73.NAMA: AGUS MULYA, S.Sos. M.Si

NIP: 19720510 199803 1 004

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA TK.I/III/d

JABATAN: KEPALA SUBBAGIAN RAPAT DAN RISALAH

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Penyusunan rencana program kerja;

2.Penyusunan dan analisis data bahan koordinasi;

3.Penyusunan dan analisa data bahan perumusan kebijakan teknis;

4.Penyusunan bahan penyelenggaraan rapat dan persidangan DPRD;

5.Fasilitasi sarana dan layanan rapat serta persidangan;

6.Pengolahan data hasil rapat persidangan DPRD;

7.Penyusunan bahan risalah rapat dan persidangan DPRD;

8.Penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

9.Koordinasi dengan unit kerja terkait;

10.Tugas operasional teknis dan administrasif pelaksanaan kebijakan teknis;

11.Penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi;

12.Ketatausahaan;

13.Monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas;

14.Tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

74.NAMA: SOFI FAJARWATI, A.Md

NIP: 19790222 201001 2 003

PANGKAT/GOLONGAN: PENGATUR/II/c

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Mempelajari dan memahami petunjuk pedoman kerja;

2.Mengajukan/meneliti Nota Dinas dari setiap Sub Bagian;

3.Menandatangani kuitansi;

4.Mencairkan cek yang diserahkan dari Bendahara Pengeluaran untuk kegiatan Sub Bagian;

5.Membuat laporan realisasi keuangan sesuai dengan Sub Bagian masing-masing;

6.koordinasi dengan instansi terkait;

7.membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;

8.tugas kedinasan lainnya sesuai dengan arahan atasan.

9.Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;

10.Melaksanakan Tugas kedinasan lainnya sesuai dengan arahan atasan.

 

75.NAMA: AGUNG HERLAMBANG,S.Sos

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Mencatat jadwal kegiatan pimpinan dan mengingatkannya;

2.Mempersiapkan kebutuhan dan perlengkapan yang diperlukan pimpinan dalam pelaksanaan kegiatan dinas;

3.Menerima, menyambungkan dan mencatat pesan telepon pimpinan;

4.Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan arahan atasan.

 

76.NAMA: SONNY SONJAYA, ST

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menggandakan naskah dinas sesuai kebutuhan dan mendistribusikan sesuai dengan perintah atasan;

2.Memberikan layanan permintaan arsip naskah dinas yang sudah selesai diproses sesuai dengan petunjuk atasan;

3.Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan arahan atasan.

 

77.NAMA: YAYAT HIDAYAT

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS 

Melaksanakan :

1.Menyiapkan kendaraan dan kelengkapan;

2.Mengemudi kendaraan (Komisi D) sesuai dengan perintah atasan;

3.Merawat kendaraan sesuai dengan ketentuan.

 

78.NAMA: SALIM SUDRAJAT

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menyiapkan kendaraan dan kelengkapan;

2.Mengemudi kendaraan (Komisi C) sesuai dengan perintah atasan;

3.Merawat kendaraan sesuai dengan ketentuan.

 

STRUKTUR JABATAN HUKUM DAN PERUNDANG-UNDANGAN

Bagian Hukum mempunyai tugas pokok :

Melaksanakan  pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis, rencana program kerja, bahan bimbingan  teknis dan pengendalian  administrasi  teknis  di bidang  pengolahan data, dokumentasi, pengkajian hukum dan produk DPRD. 

Dalam melaksanakan tugas pokok dimaksud ayat (1) Bagian Hukum mempunyai fungsi :

A.Pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis di bidang pengolahan data, dokumentasi, pengkajian hukum dan produk DPRD;

B.Pengkajian bahan  rencana program kerja di bidang pengolahan data, dokumentasi, pengkajian hukum dan produk DPRD;

C.Pengkajian bahan bimbingan  teknis di bidang pengolahan data, dokumentasi, pengkajian hukum dan produk DPRD;

D.Pengendalian  administrasi dan teknis  di bidang  pengolahan data, dokumentasi, pengkajian hukum dan produk DPRD. 

 

BAGIAN HUKUM

79.NAMA: SARIP HIDAYAT, SH

NIP: 19610523 199603 1 003

PANGKAT/GOLONGAN: PEMBINA/IV/a

JABATAN: KEPALA BAGIAN HUKUM

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Penyusunan rencana program kerja;

2.Penyusunan dan analisis data bahan koordinasi; 

3.Penyusunan dan analisa data bahan perumusan kebijakan teknis;

4.Fasilitasi sarana dan layanan kegiatan;

5.Penyusunan administrasi kegiatan;

6.Penyusunan bahan kegiatan;

7.Pengolahan data hasil kegiatan;

8.Penyusunan dan analisis data bahan kerjasama;

9.Penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

10.Koordinasi dengan unit kerja terkait;

11.Tugas operasional teknis dan administrasif pelaksanaan kebijakan teknis;

12.Penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi;

13.Ketatausahaan;

14.Monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas;

15.Tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

  

Subbagian Pengolahan Data dan Dokumentasi mempunyai tugas pokok 

Melaksanakan penyusunan dan analisis data perumusan kebijakan dan rencana program kerja serta pelaksanaan urusan tugas  operasional dan administratif  di bidang pengolahan data dan dokumentasi 

Dalam melaksanakan tugas pokok dimaksud ayat (1) Subbagian Pengolahan Data dan Dokumentasi mempunyai fungsi : 

A.Penyusunan dan analisis data perumusan kebijakan dan rencana program kerja di bidang pengolahan data dan dokumentasi

B.Pelaksanaan urusan tugas  operasional dan administratif  di bidang pengolahan data dan dokumentasi 

 

80.NAMA: -

NIP: - 

PANGKAT/GOLONGAN:

JABATAN  : KEPALA SUBBAGIAN DOKUMENTASI & PERUNDANG UNDANGAN

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Penyusunan rencana program kerja;

2.Penyusunan dan analisis data bahan koordinasi; 

3.Penyusunan dan analisa data bahan perumusan kebijakan teknis;

4.Penyusunan bahan referensi data peraturan perundang-undangan;

5.Penyusunan dokumentasi produk hukum DPRD dan Sekretariat DPRD;

6.Fasilitasi dan layanan perpustakaan;

7.Penyusunan dan analisis data bahan kerjasama;

8.Penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

9.Koordinasi dengan unit kerja terkait;

10.Tugas operasional teknis dan administrasif pelaksanaan kebijakan teknis;

11.Penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi;

12.Ketatausahaan;

13.Monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas;

14.Tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

81.NAMA: ATI MELATI, S.Pd

NIP: 19720105 199403 2 003

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA MUDA TK.I/III/b

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang berkaitan dengan kegiatan pengumpulan dan pengolahan data strategis bidang pengolahan data dan dokumentasi;

2.Menyusun instrumen dan mengumpulkan data yang berkaitan dengan program data dan dokumentasi;

3.Mengolah data dan mengklasifikasikan, mentabulasi serta merekapitulasi sesuai dengan jenis dan kelompoknya;

4.Menganalisis dan memvalidasikan data-data yang telah diolah sebagai bahan penyusunan kebijakan dan program kerja Dinas;

5.Konfirmasi data dengan unit kerja terkait;

6.Pemutahiran data secara periodik dan menyiapkan data masukan (entri data) bahan pengelolaan data dan dokumentasi.

 

82.NAMA: HENNY ASFAHANI, S.STP

NIP: 19850826 200312 2 001

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA /III/c

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang berkaitan dengan kegiatan pengumpulan dan pengolahan data strategis bidang pengolahan data dan dokumentasi;

2.Menyusun instrumen dan mengumpulkan data yang berkaitan dengan program data dan dokumentasi;

3.Mengolah data dan mengklasifikasikan, mentabulasi serta merekapitulasi sesuai dengan jenis dan kelompoknya;

4.Menganalisis dan memvalidasikan data-data yang telah diolah sebagai bahan penyusunan kebijakan dan program kerja Dinas;

5.Konfirmasi data dengan unit kerja terkait;

6.Pemutahiran data secara periodik dan menyiapkan data masukan (entri data) bahan pengelolaan data dan dokumentasi.

 

83.NAMA: YOSEPH EUFRAT PARSAORAN S, SH

NIP: 19800924 201101 1 002

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA MUDA/III/a

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang berkaitan dengan penyajian data dan dokumentasi;

2.Menghimpun dan menginventarisir bahan maupun data dalam rangka penyusunan bahan penyajian data dan dokumentasi;

3.Melaksanakan indentifikasi dan telaah terhadap hasil olahan data untuk bahan penyajian data dan dokumentasi;

4.Menyusun konsep bahan penyajian data dan dokumentasi dalam bentuk profil data, laporan data priodik, papan data, website, sistem informasi administrasi umum visualisasi data dan sejenisnya.

5.Menyusun konsep surat dan naskah dinas berkaitan dengan pengelolaan data dan dokumentasi bagian persidangan

6.Menyiapkan bahan konsultasi, koordinasi dan hubungan kerja dengan instansi terkait, unit kerja, kabupaten/kota, lintas sektor dan lintas program dalam rangka pengelolaan data dan dokumentasi bagian hukum;

 

84.NAMA: YAN SUMARNA,SH

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Membantu himpunan dan menginventarisir bahan maupun data dalam rangka penyusunan bahan penyajian data dan dokumentasi;

2.Membantu indentifikasi dan telaah terhadap hasil olahan data untuk bahan penyajian data dan dokumentasi;

3.Membantu Menyusun konsep bahan penyajian data dan dokumentasi dalam bentuk profil data, laporan data priodik, papan data, website, sistem informasi administrasi umum visualisasi data dan sejenisnya;

4.Membantu menyusun konsep surat dan naskah dinas berkaitan dengan pengelolaan data dan dokumentasi bagian persidangan;

5.Membantu menyiapkan bahan konsultasi, koordinasi dan hubungan kerja dengan instansi terkait, unit kerja, kabupaten/kota, lintas sektor dan lintas program dalam rangka pengelolaan data dan dokumentasi bagian hukum.

 

85.NAMA: ERVAN SETIAWAN

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

1.Membantu mengoperasikan komputer dan program komputer serta peralatan pendukung lainnya sesuai prosedur pengoperasiannya;

2.Membantu menerima  dan mengolah data yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas Subbagian Pengolahan Data dan Dokumentasi

3.Memeriksa kerapihan, kelengkapan dan kualitas pengolahan data;

4.Membantu menyimpan dan mengamankan file data dalam hardisk dan atau disket/CD dengan pemberian nama/kode file yang disusun secara tertib berdasarkan judul materi data yang diolah dan jenis program yang digunakan;

5.Mengarsipkan hasil pengolahan data yang telah dicetak dengan rapih dan tertib.

 

Subbagian Pengkajian Hukum dan Produk DPRD mempunyai  tugas  pokok :

Melaksanakan penyusunan  dan analisis data perumusan  kebijakan dan rencana kerja serta pelaksanaan urusan tugas  operasional  dan administratif di bidang pengkajian hukum dan produk DPRD.

Dalam melaksanakan tugas pokok dimaksud ayat (1) Subbagian Pengkajian Hukum dan Produk DPRD mempunyai fungsi :

A.Penyusunan  dan analisis data perumusan  kebijakan dan rencana program kerja di bidang pengkajian hukum dan produk DPRD

B.Pelaksanaan urusan tugas  operasional  dan administratif di bidang pengkajian hukum dan produk DPRD.

 

86.NAMA: VIRGILIO DO CARMO ANDRADE, SH

NIP: 19680603 199610 1 001

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA TK.I / III / d

JABATAN : KEPALA SUBBAGIAN PENGKAJIAN HUKUM &

PRODUK DPRD        

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Penyusunan rencana program kerja;

2.Penyusunan dan analisis data bahan koordinasi; 

3.Penyusunan dan analisa data bahan perumusan kebijakan teknis;

4.Pengkajian hukum dan produk DPRD;

5.Fasilitasi pembahasan raperda usul prakarsa DPRD;

6.Fasilitasi layanan kedudukan hukum anggota DPRD;

7.Penyusunan bahan administrasi pengangkatan dan pemberhentian pimpinan dan anggota DPRD;

8.Pengelolaan bahan produk hukum;

9.Fasilitasi peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD;

10.Fasilitasi sosialisasi raperda usul prakarsa DPRD;

11.Pengolahan data dan penyusunan bahan telaahan hukum;

12.Fasilitasi rekrutmen tenaga ahli;

13.Penyusunan dan analisis data bahan kerjasama;

14.Penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

15.Koordinasi dengan unit kerja terkait;

16.Tugas operasional teknis dan administrasif pelaksanaan kebijakan teknis;

17.Penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi;

18.Ketatausahaan;

19.Monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas;

20.Tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

87.NAMA: HANHAN DIYAHNA, SH

NIP: 19680922 199803 1 010

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA TK.I/III/d

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menyusun instrumen dan mengumpulkan data yang berkaitan dengan program pengkajian hukum dan produk DPRD

2.Mengolah data dan mengklasifikasikan, mentabulasi serta merekapitulasi sesuai dengan jenis dan kelompoknya.

3.Menganalisis dan memvalidasikan data-data yang telah diolah sebagai bahan penyusunan kebijakan dan program kerja dinas 

4.Melaksanakan konfirmasi data dengan unit kerja terkait

5.Melaksanakan pemutahiran data secara periodik dan menyiapkan data masukan (entri data) bahan pengelolaan Pengkajian Hukum dan Produk DPRD

6.Memberikan layanan jasa administrasi terhadap jaringan yang tersedia

7.Memberikan layanan data dan informasi bagi pihak-pihak yang memerlukan

8.Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan

9.Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan arahan atasan.

10.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan badan legislasi;

11.Menerima dan melakukan pengkajian bahan usul rancangan Peraturan Daerah, program prioritas yang telah ditetapkan dan usul inisiatif/prakarsa rancangan Peraturan Daerah yang disiapkan anggota komisi, atau gabungan komisi, untuk diproses lebih lanjut;

12.Menyusun inventarisasi dan berkoordinasi dengan sekretaris daerah bagian hukum perihal masalah hukum dan perundanganserta struktur dan redaksional raperda sebagai bahan Badan Legislasi;

13.Menyusun konsep naskah dalam koordianasi dan konsultasi dengan pihak Pemerintah Daerah atau pihak lain yang dianggap perlu mengenai hal yang menyangkut ruang lingkup tugasnya melaluiPimpinan DPRD serta memberikan rekomendasi kepada Badan Musyawarah dan/atau komisi yang terkait berdasarkan hasil pemantauan terhadap materi Perda;

 

88.NAMA: GILANG PRANA, SH

NIP: 19850707 201001 1 011

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA MUDA/III/a

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

1.Melaksanakan pemutahiran data secara periodik dan menyiapkan data masukan (entri data) bahan pengelolaan Pengkajian Hukum dan Produk DPRD;

2.Memberikan layanan jasa administrasi terhadap jaringan yang tersedia;

3.Memberikan layanan data dan informasi bagi pihak-pihak yang memerlukan;

4.Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;

5.Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan arahan atasan.

6.Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan arahan atasan.

7.Mempelajari tugas dan pedoman kerja/petunjuk kerja yang berkaitan dengan badan legislasi;

8.Menerima dan melakukan pengkajian bahan usul rancangan Peraturan Daerah, program prioritas yang telah ditetapkan dan usul inisiatif/prakarsa rancangan Peraturan Daerah yang disiapkan anggota komisi, atau gabungan komisi, untuk diproses lebih lanjut;

9.Menyusun inventarisasi dan berkoordinasi dengan sekretaris daerah bagian hukum perihal masalah hukum dan perundangan serta struktur dan redaksional raperda sebagai bahan Badan Legislasi;

10.Menyusun konsep naskah dalam koordianasi dan konsultasi dengan pihak Pemerintah Daerah atau pihak lain yang dianggap perlu mengenai hal yang menyangkut ruang lingkup tugasnya melalui Pimpinan DPRD serta memberikan rekomendasi kepada Badan Musyawarah dan/atau komisi yang terkait berdasarkan hasil pemantauan terhadap materi Perda;

 

STRUKTUR JABATAN BAGIAN KEUANGAN 

Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok :

Melaksanakan  pengkajian  bahan perumusan kebijakan teknis, rencana program kerja, bahan bimbingan teknis pengendalian administrasi teknis di  bidang keuangan

Dalam melaksanakan tugas pokok dimaksud ayat (1) Bagian Keuangan mempunyai fungsi :

A.Pengkajian  bahan perumusan kebijakan     teknis di bidang keuangan;

B.Pengkajian bahan rencana program kerja di bidang keuangan;

C.Pengkajian bahan bimbingan teknis di bidang keuangan;

D.Pengendalian administrasi dan teknis di  bidang keuangan.

 

BAGIAN KEUANGAN

89.NAMA: Dra. SAM NORATI MARTIANA

NIP: 19670323 199303 2 006

PANGKAT/GOLONGAN: PEMBINA/IV/a

JABATAN: KEPALA BAGIAN KEUANGAN

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Pengkajian perumusan kebijakan teknis;

2.Penyusunan rencana program kerja;

3.Penyusunan dan analisis data bahan koordinasi;

4.Pengkajian bahan pembinaan;

5.Pengendalian administrasi dan teknis pelaksanaan rencana  program kerja;

6.Penyusunan dan analisis data bahan kerjasama;

7.Penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

8.Koordinasi dengan unit kerja terkait;

9.Tugas operasional teknis dan administrasif pelaksanaan kebijakan teknis;

10.Penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi;

11.Ketatausahaan;

12.Monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas;

13.Tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

  

Subbagian Anggaran dan Verifikasi mempunyai tugas pokok : 

Melaksanakan penyusunan dan analisis data perumusan kebijakan dan rencana program kerja serta pelaksanaan urusan tugas operasional dan administrasi di bidang anggaran dan verifikasi.

Dalam melaksanakan tugas pokok dimaksud ayat (1) Subbagian Anggaran dan Verifikasi mempunyai  fungsi :

A.Penyusunan dan analisis data perumusan kebijakan dan rencana program kerja di bidang anggaran dan verifikasi 

B.Pelaksanaan urusan tugas operasional dan administrasi di bidang anggaran dan verifikasi.

 

90.NAMA: Drs. H. JEJE HERMANSYAH

NIP: 19630523 199203 1 002

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA TK.I/III/d

JABATAN: KEPALA SUBBAGIAN ANGGARAN & VERIFIKASI

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Penyusunan rencana program kerja;

2.Penyusunan dan analisis data bahan koordinasi;

3.Pengkajian perumusan kebijakan teknis;

4.Penyusunan bahan perencanaan anggaran DPRD dan Sekretariat DPRD;

5.Pencatatan hasil rapat panitia anggaran DPRD dan Sekretariat DPRD;

6.dan Fasilitasi administrasi perjalanan dinas pimpinan dan anggota DPRD serta Sekretariat DPRD;

7.Penelaahan, pengujian administrasi dan verifikasi tanda bukti pembayaran DPRD dan Sekretariat DPRD;

8.Penyusunan dan analisis data bahan kerjasama;

9.Penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

10.Koordinasi dengan unit kerja terkait;

11.Tugas operasional teknis dan administrasif pelaksanaan kebijakan teknis;

12.Penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi;

13.Ketatausahaan;

14.Monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas;

15.Tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

91.NAMA: Dra. EUIS KOMALASARI

NIP: 19620204 199003 2 002

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA TK.I/III/d

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Administrasi penggajian pada Sekretariat DPRD;

2.Pelunasan tagihan pihak ketiga berdasarkan bukti tagihan yang sah;

3.Administrasi dengan Koperasi.

 

92.NAMA: DIANE YULIANDARI, SE

NIP: 19741129 201001 2 003

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA MUDA/III/a

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Administrasi umum di lingkungan Bagian Keuangan;

2.Menyiapkan dan mempersiapkan peralatan kerja dan perlengkapan dalam rangka pelayanan umum di lingkungan DPRD;

3.Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan

4.Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan arahan atasan.

 

93.NAMA: ANDI NOERWANSYAH, S.Sos

NIP: 19831024 200101 1 009

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA MUDA/III/a

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan pedoman kerja;

2.Membukukan SPM dari keseluruhan kegiatan Sekretariat DPRD;

3.Membukukan semua transaksi baik penerimaan maupun pengeluaran;

4.Membuat jurnal rekapan dan seluruh kegiatan Sekretariat DPRD;

5.Mencatat pengeluaran dan penerimaan kedalam buku besar;

6.Membuat neraca seluruh kegiatan yang ada di Sekretariat DPRD;

7.Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;

8.Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai dengan arahan.

 

94.NAMA: MUJIJAT

NIP: 19660807199002 1 001

PANGKAT/GOLONGAN: PENGATUR MUDA TK.I/II/b

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Menerima surat permintaan pembayaran (SPP)

2.Meneliti kelengkapan surat permintaan pembayaran (SPP)

3.Memproses surat permintaan pembayaran (SPP) yang diajukan bendahara

4.Menerima kelengkapan persyaratan  tagihan pembayaran belanja

5.Meneliti/menguji kelengkapan persyaratan tagihan pembayaran belanja

6.Menghimpun dan menyusun bahan pertanggungjawaban keuangan dinas.

 

95.NAMA: SELLY SURYANTI

NIP: 19760621 201001 2 001

PANGKAT/GOLONGAN: PENGATUR MUDA/II/a

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1. Menerima surat permintaan pembayaran (SPP);

2.Meneliti kelengkapan surat permintaan pembayaran (SPP);

3.Memproses surat permintaan pembayaran (SPP) yang diajukan bendahara;

4.Menerima kelengkapan persyaratan  tagihan pembayaran belanja;

5.Meneliti/menguji kelengkapan persyaratan tagihan pembayaran belanja;

6.Menghimpun dan menyusun bahan pertanggungjawaban keuangan dinas.

 

96.NAMA:TENI RATNA NURAENI, SH

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

1.Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang berkaitan dengan kegiatan    tata usaha keuangan;

2.Menerima dan mencatat nomor, tanggal dan perihal naskah dinas yang diterima oleh Subbagian Keuangan;

3.Mengumpulkan data dokumen anggaran kegiatan dinas.

 

97.NAMA:MUHAMAD SIHABUDIN MALIK

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

1.Mengoperasikan komputer dan program komputer serta peralatan pendukung lainnya sesuai prosedur pengoperasiannya;

2.Menerima  dan mengolah data yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas Subbagian Anggaran dan Verifikasi.

3.Memeriksa kerapihan, kelengkapan dan kualitas pengolahan data;

4.Menyimpan dan mengamankan file data dalam hardisk dan atau disket/CD dengan pemberian nama/kode file yang disusun secara tertib berdasarkan judul materi data yang diolah dan jenis program yang digunakan;

5.Mengarsipkan hasil pengolahan data yang telah dicetak dengan rapih dan tertib.

 

Subbagian Perbendaharaan dan Pembukuan mempunyai  tugas  pokok :  

melaksakan penyusunan  dan analisis data perumusan kebijakan dan  rencana program kerja  serta  pelaksanaan urusan tugas  operasional  dan administratif  di bidang perbendaharaan  dan pembukuan.

Dalam melaksanakan tugas pokok dimaksud ayat (1) Subbagian Perbendaharaan dan Pembukuan mempunyai  fungsi :

A.Penyusunan  dan analisis data perumusan kebijakan dan  rencana program kerja   di bidang perbendaharaan dan pembukuan

B.Pelaksanaan urusan tugas  operasional  dan administratif  di bidang perbendaharaan  dan pembukuan

 

98.NAMA: KARTINI,  S.Pd

NIP: 19651003 198602 2 003

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA/III/c

JABATAN: KEPALA SUBBAGIAN PERBENDAHARAAN & PEMBUKUAN

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Penyusunan rencana program kerja;

2.Penyusunan dan analisis data bahan koordinasi;

3.Penyusunan dan analisis data bahan perumusan kebijakan teknis;

4.Urusan belanja anggota DPRD dan Pegawai DPRD;

5.Administrasi pembayaran belanja DPRD dan Sekretariat;

4.Pengelolaan realisasi pembelanjaan DPRD;

5.Proses penerimaan, penyimpanan dan pembiayaan keuangan DPRD dan sekretariat DPRD;

6.Penyusunan dan analisis data bahan kerjasama;

7.Koordinasi dengan unit kerja terkait;

8.Tugas operasional teknis dan administrasif pelaksanaan kebijakan teknis;

9.Penyusunan dan analisis data bahan fasilitasi;

10.Ketatausahaan;

11.Monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kerja dan tugas;

12.Tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

99.NAMA: SURYONO

NIP: 19631029 198308 1 001

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA MUDA TK.I/III/b

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Mempelajari dan memahami petunjuk pedoman kerja;

2.Mengajukan/meneliti Nota Dinas dari setiap Sub Bagian;

3.Menandatangani kuitansi;

4.Mencairkan cek yang diserahkan dari Bendahara Pengeluaran untuk kegiatan Sub Bagian;

5.Membuat laporan realisasi keuangan sesuai dengan Sub Bagian masing-masing;

6.koordinasi dengan instansi terkait;

7.membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;

8.tugas kedinasan lainnya sesuai dengan arahan atasan.

 

100.NAMA: MUMAN, S.IP

NIP: 19631029 198308 1 001

PANGKAT/GOLONGAN: PENATA MUDA/III/a

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS :

Melaksanakan :

1.Meneliti SPP dari setiap Pinlak dan BAU belanja pegawai;

2.Membuat laporan realisasi keuangan sesuai dengan DASK masing-masing;

3.Mencocokan dengan anggaran yang ada;

4.Memeriksa kelengkapan SPP dan SPM.

 

101.NAMA: ARI ANDRIAN, A.Md

NIP: 19730413 201001 1 007

PANGKAT/GOLONGAN: PENGATUR/II/c

JABATAN: BENDAHARA PENGELUARAN

URAIAN TUGAS

1.Menandatangani Cek.SPP dan kuitansi/pertanggung jawaban;

2.Menandatangani pengajuan SPP BAU, belanja pegawai dan kegiatan serta menandatangani kuitansi/pertanggungjawaban BAU belanja pegawai;

3.Menerima SPM-BS atau BAU, belanja pegawai BOP-BM disesuaikan dengan usulan masing-masing;

4.Mencairkan SPM berupa cek yang diserahkan pada kasir BAU Belanja Pegawai dan Kasir Kegiatan

5.Melaksanakan pelunasan tagihan pihak ketiga berdasarkan bukti tagihan yang sah; 

6.Mencatat  seluruh penerimaan dan pengeluaran berdasarkan SPM serta bukti-bukti pengeluaran yang sah secara tertib dan teratur dalam buku kas pengeluaran dan buku register lainnya sesuai keperluan;

7.Menghimpun seluruh bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran serta dokumen lainnya yang berhubungan dengan uang yang ada dalam penggunaannya secara tertib dan teratur;

8.Menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengeluaran kepada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah paling lambat 10 bulan berikutnya.

 

102.NAMA: ARIS MARWA SOFA, S.IP

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Membantu mengajukan/meneliti SPP dari setiap Pinlak dan BAU belanja pegawai;

2.Membantu menerima SPM-BS atau BAU, belanja pegawai BOP-BM disesuaikan dengan usulan masing-masing;

3.Membantu proses pencairan SPM berupa cek yang diserahkan pada kasir BAU Belanja Pegawai dan Kasir Kegiatan;

4.Membantu membuat laporan realisasi keuangan sesuai dengan DASK masing-masing.

 

103.NAMA: WILDAN DZULKARNAIN

NIP: -

PANGKAT/GOLONGAN: -

JABATAN: PELAKSANA

URAIAN TUGAS

Melaksanakan :

1.Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang berkaitan dengan pengoperasian dan pemeliharaan perangkat komputer dan peralatan pendukung lainnya;

2.Membantu mengoperasikan komputer dan program komputer serta peralatan pendukung lainnya sesuai prosedur pengoperasiannya;

3.Membantu menerima  dan mengolah data yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas Subbagian Anggaran dan Verifikasi;

4.Mengadministrasikan pembayaran pajak.

 

Website Pemerintah badge







Media Informasi badge





Jejaring Sosial KBB